TEYU

berjuang bersama di dunia berharap temu di surga FINURI Bila telah terdapat cahaya keimanan dalam diri seorang manusia, maka cahaya itu akan menampakkan dan mengeluarkan semua potendi positif manusia. Bahkan orang lainpun dapat merasakannya

Senin, 12 Mei 2008

antara cinta dan kasih sayang

Dari buku Risalah An Nur. Said Nursi. Menjelaskan yang tak terjelaskan menjawab yang tak terjawab(The Letters)

  • CINTA DAN KASIH SAYANG itu berbeda. Kasih sayang bersifat lembut dan terasa lebih dalam, sedangkan untuk cinta, dalam banyak kasus, kita mestinya tidak menurunkan derajat diri kita menjadi pemuja cinta. Kasih sayang adalah perasan yang begitu menyeluruh sehingga orang, karena kasih sayangnya kepada anak-anaknya,merasa mengasih sayangi anak-anak lain juga dan bahkan untuk semua makhluk hidup. Cinta terbatas kepada orang yang dicintai, dan menyebabkan sipecinta melupakan orang lain sehingga ia bisa menyukai kekasihnya.kasih sayang yang tulus, meskipun dalam derajat tingkat yang paling rendah, juga dirasakan oleh binatang terhadap anak-anak mereka, membuktikan bahwa kasih sayang tidak menuntut balasan. Obat penyakit kasih sayang adalah kebenaran yang dinyatakan oleh ayat-ayat qur’an, Allh adalah sebaik-baik penjaga dan Dia adalah yang Maha penyayang diantara Maha Penyayang.

  • Wahai jiwaku yang menderita karena pikiran dan khayalan yang melintas tanpa sengaja! Kebanyakan khayalan, kenangan dan pengkaitan-pengkaitan pemikiran biasanya terjadi pada seseorang tanpa disengaja. Jika hal-hal tersebut itu baik maka mereka mungkin membawa efek yang baik pada manusia, dan mungkin mencerminkan nuraninya, seperti halnya panas dan cahaya matahari terpantul dicermin. Sebaliknya jika hal-hal tersebut itu jahat, mereka tidak akan menembus kedalam jiwa seseorang, karena bayangan sesuatu yang buruk tidaklah buruk, dan bayangan seekor ular tidaklah menggigit.

  • Ya Tuhan kami, jangan palingkan hati kami setelah engkau beri petunjuk, dan karuniai kami dengan kasih sayangmu, engkau Maha pemberi karunia.

  • Ya Allah, anugrahilah rahmat dan kedamaian sebanyak unsur yang ada di alam semesta, bagi beliau yang memecahkan misteri ciptaanmu dan bagi keluarganya serta para sahabat selama bumi dan langit masih ada.

  • Jika kamu memperlakukan orang mulia dengan mulia, dia akan kalah. Tetapi jika kamu memperlakukan orang hina dengan mulia, dia akan memberontak.

  • Kedamaian dikedua alam bergantung pada 2 hal: keluhuran budi terhadap teman dan kelakuan bijak terhadap musuh.


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda