TEYU

berjuang bersama di dunia berharap temu di surga FINURI Bila telah terdapat cahaya keimanan dalam diri seorang manusia, maka cahaya itu akan menampakkan dan mengeluarkan semua potendi positif manusia. Bahkan orang lainpun dapat merasakannya

Sabtu, 12 April 2008

ummi ngambek

Setelah shalat subuh aku membuka tas dan mengambil arsip-arsip yang mesti kurapikan. Sambil membaca almatsurah aku menyelesaikan tugas-tugasku yang 2 hari terakhir ini tertunda karena kesibukanku mengumpulkan order untuk sekedar menambah uang jajan.he...
Aku berangkat kerja sekitar jam 8 pagi, tapi sebelumnya singgah kerumah ummi untuk membawakan pesanan barangnya yang sudah datang. di depan rumah ummi ada mobil dan banyak orang yang berkumpul. pikirku ummi lagi banyak tamu. Ternyata orang2nya bukan orang lain, tapi TETANGGAKU IDOLAKU. biasalah geng ummi yang terdiri dari Ummi elli, bu yani dan bu ise plus suami masing2. tapi kayanya aku ga ngelihat abi di sana. bukan orang lain tapi ibu2 binaanku juga.
aku menghampiri mereka sambil mengucap salam dan cipika cipiki dengan ibu2 ku tercinta.
"ikut ke Bandung Yu" Ajak bu Yani dengan logat jawanya
"nura kan ngajar yang"sambung bu gatot kepada istrinya tercinta
"kalau aku boleh ikut gampang izinnya, mumpung masi bisa izin soalnya tahun ajaran baru aku udah ga boleh izin lagi"sambarku tanpa asa akan beneran ikut
"ya udah nura ikut aja, gih telpon kesekolah dulu biar ga ditungguin" kata bu ise sambil menyodorkan hp
aku masi bingung ikut atau ga. Kulihat ummi di dalam mobil. sedang menekan tombol2 di Hpnya. wajah ummi pahit banget menurutku, habisnya cemberut. Aku belum pernah melihat ummi seperti itu.aku mendekati ummi, wajah ummi yang cemberut tidak menghilangkan keberanianku untuk bertanya
'mi' Nura boleh ikut ga?'
Ummi tidak menggubrisku, kuulang lagi pertanyaanku sampai beberapa kali. Tapi ummi tetap tidak memperdulikanku.
"aku ga usah ikut ah, ummi ga izinin'
"nura kalau mau ikut ikut aja"bentak ummi
"ummi marah yah?'tanyaku manja
"ayo nura naik aja ke mobil"kata om gatot sambil menarik ujung jilbabku yang panjang
akhirnya aku naik juga ke atas mobil. Ada yang ganjil, soalnya abi ga ada. sementara yang lainnya berpasang-pasangan. kecuali aku soalnya aku emang belum punya pasangan.Aku ga tahan ga bertanya soal abi, akhirnya aku nyerocos lagi
"ummi abi ko ga ikut?"
Ummi diam saja. Aku mau nanya lagi tapi kakiku di injak sama om gatot. Spontan aku berteriak kesakitan
'aaaauuu, om gatot saakiiit.sepatu baru niiih. Tuukan jadi kootor"
Hee kebetulan aku meresmikan sepatu baruku. aku teriak om gatot malah tambah nginjak kakiku. Aku baru ngerti kalau maksudnya itu aku ga boleh ngajak bicara ummi.
Ternyata ummi lagi ngambek soalnya abi ga jadi ikut, karena baru pulang kerja. Sebenarnya ga jadi masalah si kalau abi ga jadi ikut, tapi yang bikin ummi ngambek soalnya abi suruk nunggu, tau-taunya ga jadi datang, malahan aku yang kucluk...kucluk datang. Heee.... nih ma rejeki bisa jalan2 ke Bandung gratis pula. mang kalau udah ngomongin yang gratisan bawaannya senneng aja.
Aku duduk di belakang bersama om gatot, dan Fauzi anak bu Ise. Kursi depan masi sepi. Pada takut ngomong kali, soalnya ummi masi ngambek. Kebayang ga sih kalau ummi tambah sebbel karena keberadaan kita di mobil itu terus diturunin di pinggir jalan. Udah gitu yang jadi bendaharanya adalah ummi. adduuuh bakalan brabe jadinya. tapi ga mungkinlah ummi setega itu. Aku ada2 aja ngebayangin yang ga ga.
Di kursi belakang. Aku sama om gatot ngobrol ramai banget. Gimana ga om Gatot kalau ngomong tuh serius banget tau2nya yang di omongin itu lawakan yang ngocok perut. Perutku aja sampai sakit banget ngedengerin cerita om gatot.
Om gatot alias orang yang gagah dan berotot ga habis cerita membuatku tertawa sapai sakit perut. Aku jadi akrab banget sama om Gatot. Aku yakin ummi juga ga tahan mau berkomentar tentang obrolanku dengan om gatot.
ummi lelah kali yah dengerin aku ketawa ga tertahan. akhirnya ummi ngomong juga
"nuraa... istigfar'
aku langsung istigfar, walaupun masi tertawa
"Alhamdulillah ummi mau ngomong juga,ummi sayang yah sama aku?'
"ya iyalah, udah makan belum?"
"kan hari kamis mi'"
'oh iya yah Nura puasa. Tahan ga, perjalanan jauh ni/'
"insya Allah mi'kalau udah niat"
"bukannya kita ke bandung untuk makan?"kata om Gatot kaca
"makan ko jauh banget ke Bandung.Di karawang juga restoran lesehan banyak"
'kuliner di Bandung kan lezat2"
"mi' aku ga jadi ikut, entar kalau udah samapai di pintu tol nura turun aja"
"beneran lu ga jadi ikut?" tanya bu gatot dengan logat betawinya yang dia pungut di jakarta tempat dia bertahun-tahun tinggal
"ibu jangan ngomong lu ke aku, kasar banget"
'iya yani lupa, maafin ya bu guru"
Waktu di pintu tol, mobil bukannya singgah malah jalan terus.
"perhatian2 yang sudah berada di atas mobil ini tidak boleh turun sebelum sampai ke Bandung"kata om gatot ngikutin lagam operator telepon
"aku disandara dong"
"Ke Bandung mau belanja kain untuk murid2mu, jadi nura sekalian milih sendiri"jelas ummi
iiih om gatot ngerjain aku lagi. menyebalkan. katanya gampang banget ngerjain aku soalnya polos banget. Aku kapan gedenya yah kaya gitu aja dikerjain lagi. Habis om gatot ngomongnya serius banget tanpa mimik bercanda, ya iyalah aku percaya aja setiap omongannya.



0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda